Minggu, 27 Desember 2009

Kemah Bersama Al Quran I














I. PENDAHULUAN

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh

“Kepunyaanl Allahlah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki”
QS Asy-Syura [42]:49

Anak adalah anugerah dari Allah Azza wa Jalla. Ia merupakan salah satu bukti nyata anugerah dan pemberian. Pemberian Allah Swt. Ini membutuhkan perlindungan, penjagaan, dan perhatian dari kedua orang tua. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pertumbuhan keturunan ini agar tumbuh dengan baik. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga anak-anak dari pergaulan yang buruk adalah dengan mendekatkan mereka dengan Al-Quran. Pengajaran Al-Quran kepada anak-anak ketika mereka masih kecil akan mempermudah penyerapan nilai-nilai keutaman Al-Quran dalam hati mereka. Al-Quran akan menambah kekuatan iman, serta menjadikan iman tersebut dapat memenuhi hatinya. Ia akan menjadi pondasi terhadap tabiat anak setelah dewasa.
Ada berbagai macam cara untuk mengenalkan nilai-nilai Al-Quran kepada anak-anak. Salah satu cara menanamkan nilai Al-Quran kepada mereka adalah dengan menggunakan sarana permainan
Manusia dikatakan utuh jika telah terpenuhi ketiga aspek yaitu spiritual, fisik, dan pengetahuan. Begitu juga dengan anak-anak. Jika ketiga aspek ini ditanamkan sejak dini maka pertumbuhan mereka akan utuh. Saat ini sekolah lebih cenderung untuk me pada pengembangan aspek pengetahuan dengan sedikit aspek fisik dan spiritual. Hal ini dapat kita lihat dari sangat minimnya alokasi waktu yang digunakan untuk kedua aspek ini.






II. TUJUAN

Permainan dan simulasi yang diarahkan pada pemberian pengalaman-pengalaman yang berguna dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dengan material sebagai berikut :
1. Ice Breaking
Pada sesi ini, peserta diharapkan dapat saling mengenal satu sama lainya secara efektif dapat menghilangkan hambatan serta Personal Block dan Interpersonal Block dalam menumbuhkan kedekatan dan rasa saling percaya.
2. Building Trust
Melalui sesi ini, peserta dilatih untuk mengembangkan keberanian, keyakinan, dan kepasrahan total serta membangun kepercayaan terhadap tanggung jawab yang dibebankan. Selain itu juga bisa mengbangkitkan sikap yakin dan percaya pada kemampuan diri. Sehingga segi Self-Respect meningkat pula.
3. Communication
Membina hubungan antara sesama peserta yang dapat diperoleh secara efektif dengan cara berkomunikasi secara efektif. Melalui materi ini peseta dilatih untuk dapat mengungkapkan gagasannya dan bisa juga menerima gagasan dari luar.
4. Team Building
Pada sesi ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pelaksanaan kegiatan di mana hal ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan kerjasama tim yang sinergis dan sesuai dengan tanggung jawabnya masing- masing.
5. Qurani Quotion
Pada sesi ini peserta diharapkan dapat tumbuh dan meningkat dalam hal kemampuan Qurani, meliputi : Tilawah, Tahfiz dan Tadabur.
6. Competition Games
Pada sesi ini diharapkan peserta dapat memberikan kontribusi kepada kelompoknya dalam menghadapi sebuah tantangan dimana pada sesi ini peserta mendapatkan simulasi tentang bagaimana menghadapi suatu ajang kompetisi yang sportif.
7. Personal Challenge
Pada sesi ini di harapkan peserta mempunyai kemampuan dalam pengelolaan diri, tidak kehilangan kontrol emosi dalam menghadapi tantangan, tidak menarik diri bila menghadapi kesulitan dan tantangan serta tegar dalam menghadapi situasi panik.



III. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Nama : Kemah bersama Al Quran
Tema : “ Menjadikan Al Quran Sebagai Sahabat “

IV. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Sabtu ~ Minngu / 27 ~ 28 Juni 2009
Tempat : Desa Cipanjalu Kecamatan Cilengkrang
Waktu : Pukul 15.00 ~ 15.00 WIB





0 komentar:

 

Presensi

users online
Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by BELAJAR SEUMUR HIDUP | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks